Kurikulum

wakakurMenurut Bpk. Ali Mustajab, S. Ag, Waka Kurikulum MTs Miftahul Ulum Ngemplak, Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pemelajaran. Kedalaman muatan kurikulum tiap mata pelajaran dituangkan dalam bentuk kompetensi (Strandar Kompetensi dan Kompetenti Dasar) yang dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Kerangka Dasar Kurikulum Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 6 ayat (1) meyatakan bahwa Kurikulum untuk jenis pendidikan umum, kejuruan dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas komponen mata pelajaran, komponen muatan lokal dan komponen pengembangan diri : 1. Komponen Mata Pelajaran Komponen mata pelajaran terdiri dari lima kelompok mata pelajaran yaitu : a. Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia mencakup etika, budi pekerti atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama. b. Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara serta peningkatan kwalitas dirinya sebagai manusia. c. Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan tehnologi dimaksudkan untuk mengenal, meyikapi dan mengapresiasi ilmu pengetahuan dan tehnologi, serta menanamkan kebiasaan berfikir dan berperilaku ilmiah yang kritis, kreatif dan mandiri. d. Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sesitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. e. Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta menanamkan sportivitas dan kesadaran hidup sehat. 2. Komponen Muatan Lokal Muatan lokal dimaksudkan untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas madrasah dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokan keadalam mata pelajaran yang ada. Komponen muatan lokal terdiri dari : a. Bahasa Jawa b. BTA (Baca Tulis Al-Qur’an) 3. Komponen Pengembangan Diri a. Penembangan diri dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. b. Komponen pengembangan diri terdiri dari kegiatan-kegiatan : 1) Kepramukaan 2) UKS 3) OR 4) Kesenian 5) Ketrampilan 6) Keagamaan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: